Kisah Hikmah : Menanamkan Kesadaran Kewajiban Shalat kepada Anak Tanpa harus Memarahinya

Orang tua tentunya ingin anak-anaknya taat kepada Allah swt. Salah satu bentuk ketaatan kepada Allah tersebut yaitu melaksanakan apa yang telah diperintahkannya. Salah satu perintah Allah SWT adalah melaksanakan shalat.

Menanamkan kesadaran kepada anak merupakan tugas bagi orang tua. Orang tua dituntut sabar dan tidak pernah putus asa sampai anak menyadari bahwa shalat merupakan sebuah kebutuhan dan kewajiban sebagai makhluk ciptaan Alloh SWT.

Nah sebenarnya bagaimana cara agar anak-anak taat melaksanakan shalat? Bagaimana agar anak-anak kita Sholat dengan kesadaran sendiri tanpa diperintah bahkan tanpa paksaan, tanpa berdebat dulu dan disiplin dalam mendirikannya tanpa perlu selalu diingatkan?



Apakah anak-anak Anda malas dalam mengerjakan sholat? Atau bahkan mereka membuat anda kesal saat mengingatkannya untuk melaksanakan sholat? Mari kita simak cerita dibawah ini sehingga kita tahu  bagaimana cara agar kita bisa mengubahnya.

Ini merupakan sebuah pengalaman dari seorang ibu yang memiliki anak perempuan yang duduk di kelas 5 Sekolah Dasar.

Berikut ceritanya lengkapnya.

Sholat bagi anakku sepertinya hal yg sangat berat, sampai-sampai suatu hari aku berkata kepadanya: "Bangun!! Sholat!!", dan kemudian aku mengawasinya dari jauh.

Lalu aku melihatnya mengambil sajadah, dan kemudian melemparkan sajadah itu ke lantai. Setelah itu ia datang padaku.

Lalu aku bertanya kepadanya: "sudah sholatnya ?"
anakku dengan wajah tidak bersalah menjawab: " Sudah ummi "?

Setelah mendengarnya seketika aku marah, karena anakku telah berbohong. Sebagai seorang ibu aku merasa sedih dan kecewa. Bagaimana tidak anakku sangat susah untuk menjalankan perintah shalat ditambah dia telah berani membohongi ibunya sendiri.

Saking sedihnya air mataku tak bisa terbendung lagi...
Aku sungguh sangat emosi dan marah pada putriku, aku bentak dengan keras dan aku menakutinya akan siksa neraka kelak .

Tapi apa yang terjadi marah ku itu tidak cukup membuatnya sadar bahwa shalat adalah suatu bentuk ketaatan kepada Allah SWT...Semua omelanku nampaknya tidak didengar dan tidak bermanfaat sama sekali baginya.

Hingga suatu waktu, salah satu sahabatku bercerita bahwa ketika ia berkunjung kerumah saudaranya ia melihat semua anak-anaknya ketika datang waktunya sholat, mereka semua langsung segera melaksanakan sholat tanpa diperintah atau diingatkan oleh orang tuanya tetapi semua itu dilakukan atas kesadaran mereka sendiri. Yang membuat kagum adalah saudaraku tersebut dari segi agama termasuk yang biasa-biasa saja tetapi mampu menanamkan kepada anak-anaknya kesedaran untuk shalat.

Lalu aku bertanya pada saudaraku tersebut "Bagaimana anak-anakmu bisa sholat dgn kesadaran mereka sendiri tanpa perlu diingatkan, tanpa berdebat bahkan tanpa diperintah dengan keras atau 
tanpa perlu memarahinya?"

Saudaraku menjawab: "Demi Allah, aku hanya ingin berbagi cerita padamu bahwa sejak jauh-jauh hari sebelum menikah aku selalu memanjatkan DO'A ini, dan sampai saat inipun aku tidak lupa untuk selalu memanjatkan doa dengan DO'A tersebut.


Setelah aku mendengarkan kisah dan nasihatnya, aku selalu berdoa dengan do'a yang dipanjatkan saudara temanku tersebut.

Setiap kesempatan aku selalu berdoa
Dalam sujudku...
Saat sebelum salam...
Ketika witir...
Dan disetiap waktu-waktu yang mustajab...

Saudaraku seiman...
Tidak terasa kini Anakku telah duduk dibangku SMA.

Sejak aku mulai berdoa dengan doa tersebut Alhamdulillah hingga saat ini, anakku selalu melaksanakan shalat tepat waktu shalat bahkan ia membangunkan kami serta mengingatkan kami untuk melaksanakan sholat.

Dan adik-adiknya pun Alhamdulillah...mereka semua selalu menjaga sholatnya.

Saat ibuku mengunjungi kami dan menginap dirumah, ia kaget sekaligus bangga melihat putriku bangun pagi, danmembangunkan kami semua untuk sholat.

Aku tahu Anda semua penasaran ingin mengetahui doa apakah itu?

Dibawah ini adalah doa yang selalu aku panjatkan setiap kesempatan. Doa ini merupakan firman Allah yang ada di Surat Ibrahim ayat 40

( رَبِّ اجْعَلْنِي مُقِيمَ الصَّلاَةِ
وَمِن ذُرِّيَّتِي رَبَّنَا وَتَقَبَّلْ دُعَاء )
(إبراهيم ، 40)

"Robbij 'alnii muqiimash sholaati wa min dzurriyyatii robbanaa wa taqobbal du'aa"

Artinya :
"Ya Robbku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap mendirikan sholat, ya Robb, perkenankanlah doaku." (QS. Ibrahim: 40)

Berdoa merupakan alat yang mustajab untuk meminta kepada Allah SWT dan doa merupakan senjata bagi kita selaku umat muslim.

Kalau tulisan ini dirasa bermanfaat dan ingin banyak orang lagi yang mengambil manfaat dari tulisan ini silahkan bagikan artikel ini dengan menekan tombol share/bagikan ke sosial media kamu. 

Artikel Ensiklopedi Muslim Lainnya :

Scroll to top