Inspiratif : Kisah Penarik Becak di India yang Naik haji

Bermimpilah setinggi langit. Tidak ada mimpi atau harapan yang tidak bisa dicapai selagi kita bekerja keras untuk meraihnya. Mungkin Kalimat tersebut sangat sangat cocok untuk menceritakan sosok pekerja keras yang bisa menggapai mimpinya untuk pergi berhaji. Bagi pejabat, pengusaha, artis maupun orang yang berkecukupan, ibadah haji memang hal yang mudah, tetapi tidak untuk sosok Jahangir Khan Abbasi, yang bekerja sebagai tukang becak di Negara India.

Jahangir yang berprofesi sebagai tukang becak memiliki mimpi untuk pergi berhaji selama bertahun-tahun. Untuk mewujudkan niatnya berhaji Jahangir bekerja keras sampai masa tuanya dengan mencari dan mengumpulkan uang sebagai biaya haji yang bagi seorang penarik becak jumlah tersebut sangat besar. 


Kisah perjuangannya sangat menarik untuk disimak dan sangat menginspirasi. Seperti yang dilansir dari republika.com, berawal dari satu becak yang dia miliki dengan usaha yang keras pria 62 tahun ini kemudian dapat membeli sejumlah becak yang kemudian becak tersebut ia sewakan. Uang hasil dari menarik becak dan menyewa becak tersebut, ia kumpulkan untuk ditabung demi meraih mimpinya pergi kerumah Allah.

Alhamdullillah, dengan usaha dan tekad yang kuat, di tahun 2015 ini Jahangir Khan dan istrinya Zeenat Begum akan berangkat ke Tanah Suci untuk melaksanakan rukun Islam kelima. Pasangan suami istri tersebut sudah berangkat bertolak ke Mekah pada tanggal 22 Agustus kemarin.

Kisah pria penarik becak di kota Agra, negara bagian Uttar Pradesh, India Utara ini tentu saja harus menjadi pelecut semangat bagi kita semua. Selain itu kisah ini menjelaskan juga kepada kita juga bahwa ketika seseorang memiliki tekad yang kuat yang dibarengi dengan kerja keras dan berdoa, maka Insya Allah, Allah SWT akan memudahkannya.

Artikel Ensiklopedi Muslim Lainnya :

Scroll to top