Dampak Negatif Sering Memencet Jerawat

Jerawat merupakan penyumbatan yang terjadi di dalam pori-pori kulit karena beberapa kotoran dari luar atau pun dari dalam kulit yang terjebak di dalam pori. Untuk mencegahnya pun sebenarnya kita cukup dengan menjaga kebersihan kulit  wajah secara rutin dalam satu hari. Dengan begitu, wajah akan terbebas dari jerawat.

Dampak Negatif Memencet Jerawat

Banyak orang merasa gatal dan berkeinginan kuat untuk memencet jerawat ketika melihatnya di wajah. Hal ini tentu cukup beresiko karena selain dapat menimbulkan peradangan, jerawat akan menyebar luas ke daerah sekitarnya sehingga keadaan wajah semakin buruk dengan jerawat yang semakin banyak.

Beberapa dampak negatif berikut akan hinggap di wajah ketika seseorang sering memencet jerawat di wajahnya.

1. Kubangan pada wajah

Memencet jerawat terkadang menjadi sebuah pilihan utama bagi sebagian orang yang merasa terganggu dan ingin cepat-cepat menghilangkan jerawat. Walaupun setelah dipencet jerawat tersebut memang pecah, kulit terancam terkena luka yang berlubang. Dan orang-orang tahu bahwa
lubang akibat jerawat itu amat susah untuk dihilangkan.

2. Merubah Warna Kulit

Ketika jerawat di pencet biasanya akan mengeluarkan darah. Ketika darah itu kering, akan terlihat bekas berupa perubahan warna pada kulit wajah seperti bintik-bintik hitam. Hal ini tentu bisa diobati dengan krim penghilang flek hitam, Namun tetap saja membutuhkan waktu yang terbilang lama.

3. Peradangan pada Kulit

Setelah jerawat dipencet, terkadang bagian kulit di sekitarnya berubah menjadi merah. Hal ini dapat menimbulkan perdangan pada kulit wajah. Selain itu, jerawat juga bisa menyebar ke daerah lain dan semakin banyak.

Beberapa dampak negatif di atas umumnya sudah diketahui oleh kebanyakan orang. Namun, karena tidak adanya alternatif yang diketahui menjadikan  pilihan memencet jerawat adalah salah-satunya jalan. Apakah ada jalan yang lain? Tentu saja ada. Kita bisa memanfaatkan es batu untuk mengempeskan jerawat. Atau, kita juga bisa mengoleskan minyak zaitun dan mendiamkannya cukup lama, kemudian dibilas dengan air segar. Sehingga jerawat akan lebih cepat kempis dan hilang.
Sering dipegang justru akan semakin parah. Jadi, membersihkan wajah adalah cara terbaik untuk mencegah dan mengobatinya.

Semoga bermanfaat..  Artikel Terkait Jerawat "Penyebab Jerawat Muncul" , "Cara Alami hilangkan Jerawat di wajah" 

Artikel Ensiklopedi Muslim Lainnya :

Scroll to top