Cara Diet Alami

Bagi sebagian orang yang memiliki berat badan berlebih, cara diet alami ini tentu cukup membantu dan mudah untuk dipraktekan. Karena setiap ada kemauan, pasti ada banyak jalan yang bisa kita lalui untuk sampai ke tujuan. Hal ini penting dalam proses diet alami karena keinginan seseorang menentukan hasilnya. Bila keinginannya kuat, maka hasilnya pun oke. Sebelum mempraktikan beberapa cara diet alami yang mudah di bawah ini, alangkah baiknya jika kita menanamkan keyakinan bahwa kita memang BISA menurunkan berat badan dengan cara alami.

Menurunkan berat badan atau diet dengan menggunakan obat-obatan sebenarnya sangat beresiko bagi tubuh. Kita mungkin mengenal beberapa diet extrim yang marak dilakukan oleh orang-orang seperti puasa berhari-hari, olah raga secara berlebihan, dll. Percayalah, itu semua melelahkan, diet secara alami akan lebih mudah dan aman. Dan, berikut adalah cara diet alami yang bisa kita praktikan untuk menurunkan berat badan secara alami (bertahap).

cara diet alami

1. Makan dengan cara yang benar

Makan merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam menjalani cara diet alami ini. Cara kita makan, waktu kita makan, dan apa yang kita makan akan mempengaruhi cepat atau lambatnya diet alami yang dijalankan. Lalu bagaimana cara mengatur makan kita untuk diet alami? Jawabannya ada di nomor 2 dan seterusnya.

2. Jalankan Tehnik Makan ini

Pagi hari, biasakanlah untuk mengonsumsi buah-buahan. Untuk mengganti asupan karbohidrat nasi di pagi hari, kita bisa menggunakan kurma. Hal ini sangat dianjurkan karena, Pagi hari lambung dan organ pencernaan kita baru aktif setelah beristirahat di malam hari. Untuk melakukan pekerjaannya lagi, tentu harus pemanasan dulu. Kebanyakan orang membebani lambung dengan memakan nasi+lauk pauknya di pagi hari, padahal saat itu lambung masih melakukan pemanasan. Hal tersebut tentu akan menyebabkan kerja pencernaan terganggu/tidak sempurna. karena pencernaan tidak sempurna, maka timbunan lemak lah hasilnya.

Cara diet alami

Lalu bagaimana cara diet alami mengatasi hal itu? Makan buah-buahan di pagi hari sangat baik dan bijaksana. Selain itu, dengan memakan buah di pagi hari, tubuh menjadi lebih sehat dan mencegah penimbunan lemak di tubuh kita. Jadi, biasakan makan buah-buahan di pagi hari. Seperti Kurma dll.

3. Makan Berat Hanya di Siang Hari

Siang hari adalah waktu lambung bekerja secara optimal. Saat ini, anda tidak boleh telat makan apalagi meninggalkannya (kecuali sedang puasa). Karena ini justru malah mendatangkan penyakit bagi kita, seperti magg. Saat siang hari, akan lebih baik jika kita mulai memakan makanan berat. Apakah makanan beratnya pun harus diatur? Ya, harus diatur.
Caranya? gampang, lihat di nomor selanjutnya.

4. Biasakan memakan karbohidrat kompleks 


cara diet alami

Untuk memakan karbohidrat kompleks, kita tinggal mengganti nasi, mie, pasta dll (Karbohidrat sederhana) dengan beras merah, oat meal, sereal, atau gandum (beberapa contoh karbohidrat kompleks). Mengapa kita harus mengonsumsi karbohidrat kompleks?

Karbohidrat kompleks lebih mudah dicerna oleh tubuh. Sebaliknya, karbohidrat sederhana agak sulit dicerna tubuh. Sehingga dapat menimbulkan penimbunan di dalam tubuh. Akibatnya, muncul lah fenomena kelebihan berat badan. Jadi, biasakanlah memakan makanan berkarbohidrat kompleks di siang hari. Dengan begitu, diet alami yang dijalankan menjadi lebih mudah dan cepat.

5. Hindari makan di malam hari

Malam adalah waktu istirahat bagi lambung dan organ pencernaan lainnya. Bila kita terbiasa makan di malam hari, sebaiknya segera hindari. Karena makanan tidak dicerna dengan sempurna oleh tubuh. Akibatnya penimbunan di tubuh akan lebih banyak. Cara mengatasinya? Makanlah buah atau sayur-sayuran di waktu ini.

Jadi, makan malam menjadi diet alami ketika mengonsumsi buah dan sayuran. Ingat ya, bukan nasi dan pasukannya, melainkan Buah dan sayuran.

6. Minum sebelum makan

Minum air sebelum makan biasa dilakukan agar mudah kenyang saat makan. Menurut saya, hal ini boleh dilakukan asal dengan cara yang wajar. Cara yang wajar itu seperti apa? kita hanya perlu membagi perut kita dengan pembagian "1/3 untuk makanan, 1/3 untuk air, dan 1/3 untuk udara."
Mudah ya, kita tinggal mengisi perut dengan pembagian 1/3 makanan, 1/3 minuman, dan 1/3 udara. Artinya makan secukupnya, sampai kita bisa menegakkan kembali tulang belakang kita.

cara diet alami

7. Biasakan berolah raga walau hanya 2 kali dalam seminggu.

ingat ya, olah raga dapat membakar lemak yang tertimbun di tubuh kita. jadi, biasakan berolah raga normal (bukan yang berat-berat) minimal 2 kali dalam seminggu. Kita bisa berolahraga dengan lari pagi, jalan-jalan ke taman, atau pun hicking ke tempat-tempat indah.

8. Minum Air minimal 8 gelas/2 liter per hari

Dengan minum air yang cukup perharinya, ginjal akan menjadi lebih sehat. Alasan lengkapnya bisa dilihat disini. Singkatnya, kita tahu bahwa hati berfungsi untuk membantu kinerja ginjal seperti mengubah gula dan lemak menjadi energi. Bila kinerja ginjal terganggu karena kurang air, maka hati pun akan terganggu. Akibatnya, gula dan lemak akan menumpuk, sehingga badan pun bertambah berat dengan lemak di sana-sini.

Jadi, biasakanlah minum air putih yang cukup setiap harinya.

cara diet alami

9. Puasa dengan cara yang benar

Puasa dengan cara yang benar maksudnya adalah berpuasa dengan sekadarnya saja (tidak puasa setiap hari), Kita mengenal puasa senin kamis, puasa tiga hari setiap tengah bulan hijriah, bahkan ada puasa daud bagi yang kuat.

Bagi orang muslim, shaum/puasa bisa menjadi salah satu cara diet alami. Tapi ingat ya, shaumnya niatkan untuk ibadah, bukan hanya untuk diet.

9. Yakinkan dalam hati bahwa, kita bisa!
cara diet alami

Itulah cara diet alami yang bisa kita lakukan dengan mudah dan aman.

Semoga bermanfaat.

Artikel Ensiklopedi Muslim Lainnya :

Scroll to top