Penyebab Scabies dan Cara mengobatinya

Scabies atau kudis adalah salah satu penyakit kulit yang disebabkan oleh tungau (hewan kecil berkaki delapan seperti laba-laba) yang membuat lubang dan bertelur di lapisan epidermis kulit. Tungau yang satu ini bertelur 2-3 butir per harinya. Dibutuhkan waktu sekitar 2-4 hari untuk menetas menjadi larva kecil yang memiliki enam kaki.

Tungau yang memiliki nama latin Sarcoptes scabiei ini memiliki siklus hidup sekitar 10-14 hari. Sementara itu, efeknya terhadap manusia membuat orang-orang kewalahan karena geajala gatal yang begitu hebat. Biasanya terdapat liang, gatal, dan kemerahan pada kulit yang terkena serangan oknum tungau ini.
penyebab scabiespenyebab kudispenyebab scabies


Untuk pencegahan, kita bisa melakukannya dengan cara berperilaku hidup sehat dan bersih. Seperti mandi dengan menggunakan sabun dan shampo hingga bersih. Atau bagi mereka yang terlanjur kena oleh penyakit ini bisa mencoba berjemur di bawah sinar matahari pada pukul 9-11 pagi. Selain itu, penting juga untuk menjaga kebersihan rumah. Terutama pakaian, sprei kasur, sarung bantal, dan semua yang pernah dipakai oleh penderita scabies harus dicuci dengan intensif. Kalau bisa dalam periode tertentu lakukanlah disinfektan rumah dengan antiseptik.

Adapun cara untuk mengobatinya, kita hanya perlu menjaga kebersihan kulit dan pakaian kita. Setelah itu, lakukanlah pembunuhan terhadap tungau scabies ini dengan cara mengoleskan salep Scabimite yang dapat kita temui di apotek-apotek terdekat (biasanya berharga 40rb ke atas). Atau kita juga bisa mengobatinya dengan cara alami. Cara alami yang satu ini sudah di patenkan oleh dokter-dokter arab di abad pertengahan silam.

Caranya yaitu mandi di air panas (sauna) sambil menggosok kulit tubuh menggunakan kulit buah delima. Mereka menjamin kulit akan terbebas dari kudis atau scabies ini.

Baca artikel tentang : Es batu ternyata bisa obati scabies


obat kudis atau scabies




Artikel Ensiklopedi Muslim Lainnya :

Scroll to top