Penyebab Jerawat

Penyebab Jerawat | Jerawat tidak selalu saja disebabkan karena kotor, akan tetapi disebabkan juga oleh faktor lain dari dalam tubuh. Pada umumnya, Jerawat disebabkan oleh penyumbatan minyak yang bercampur dengan bakteri pada pori-pori kulit.

Namun jerawat tidak selamanya berada di wajah, terkadang juga ada yang muncul di lengan, di punggung, dan di dada. Karena, penyebab jerawat juga cukup beragam. Seperti:

Produksi Minyak berlebih

penyebab jerawat

Sel-sel Kulit Mati


Biasnya, jerawat disebabkan oleh kelebihan minyak yang  diakibatkan oleh hormon. Dan minyak berlebih itu kemucian bercampur dengan sel kulit yang mati. Sehingga menimbulkan penyumbatan pada pori-pori kulit dan menimbulkan jerawat.

Obat-obatan


Mengonsumsi obat-obatan cair maupun obat oles yang dapat menurunkan daya tahan tubuh dapat memicu tumbuhnya jerawat. Karena turunnya daya tahan tubuh dapat menyebabkan patogen mudah beraktivitas di permukaan kulit.

Bakteri

Bakteri biasanya selalu membuat rumit, terutama bakteri P. Acne yang ada di kulit. Bakteri ini cenderung melepaskan zat-zat yang dapat membuat iritasi-iritasi pada kulit. Dan biasnya hal ini akan menyebabkan tumbhnya jerawat batu.

Stres

Stres juga dapat merangsang pertumbuhan jerawat. Karena pada saat seseorang stres, ia akan mengeluarkan hormon yang bisa membuat jerawat tumbuh. Selain itu, stres biasanya akan membuat seseorang memiliki pola makan yang tidak teratur, cenderung yang manis-manis dan berlemak. Sebagai pelampiasan dari stresnya itu    

Alat-alat yang kotor

Handphone, helm, dan handuk yang kotor dapat menyebabkan mudahnya berkembang bakteri di sana. Dan hal ini dapat menyebabkan jerawat pada kulit kita. Maka sebaiknya cucilah peralatan kita secara rutin agar selamat dari ancaman jerawat.

Ada pun cara untuk mengobati jerawat secara alami bisa anda coba sebagai alternatif yang mudah untuk mengatasi jerawat yang menyerang kita.

Artikel Ensiklopedi Muslim Lainnya :

Scroll to top