Kuliah sambil Kerja. Mudah kok!!

kuliah sambil kerja

"Kuliah zaman sekarang biayanya mahal". Itulah yang biasa kita dengar di kalangan masyarakat. Karena itu, kuliah sembari bekerja adalah salah satu cara yang biasa dilakukan oleh para Mahasiswa untuk mengurangi beban keluarga dalam membiayai kuliah. Kendalanya adalah kebanyakan orang merasa bahwa kuliah sambil kerja itu ribet, ngehabisin waktu karena beres kuliah harus langsung kerja, capek lah, dan lain sebagainya. Hei!! itu semua bohong kawan!.

Kenyataannya semua itu mudah dilakukan. Kenapa tidak? Kuliah di semester pertama biasanya akan lebih sibuk karena pihak perguruan tinggi menganggap bahwa para Mahasiswa barunya itu belum bekerja. Sehingga SKS yang diberikan oleh perguruan pada awal semester akan lebih banyak. Itu tergantung pada kita dalam menyikapinya. Dengan giat belajar dan menyelesaikan  sks dengan cepat, maka beban sks di semester selanjutnya akan semakin mudah untuk kita selesaikan karena kita telah terbiasa di awal semester.

Saat itulah kesempatan kita untuk kerja sampingan.Gak perlu ribet-ribet kok. Kita bisa memilih beberapa bisnis yang mudah seperti contoh di bawah ini.

1. Bisnis Ikan

Bisnis ikan merupakan bisnis yang cukup mudah dan menguntungkan. Selain menjadi hobi, memelihara ilan seperti lele, bawal, cupang atau ikan hias akan mendatangkan keuntungan yang lumayan bai kita.
Bisnis lele misalnya, yang perlu kita siapkan adalah:

    Bibit lele sekitar     Rp 400.000
    Makanan Lele        Rp 500.000
    Tempat             Rp 1000.000 atau

Kita bisa memakai terpal di ruangan / lingkungan rumah/ kotsan kita. Yang pasti, keuntungannya juga lumayan. Kita bisa mendapat keuntungan sekitar 40% lebih karena harga jual lele yang cukup tinggi per kilonya.

2. Bisnis Jasa
Bagi mereka yang kuliah di jurusan komputer, seni, sastra, Matematika, IPA, Kimia, Fisika, musik,atau apa pun itu, Bisnis jasa bisa menjadi salah satu pilihan Alternatif untuk menambah kocek rupiah anda. Misalkan anda membuka jasa membenarkan alat-alat komputer, atau mengajar less, atau mengajar musik, mengajar ngaji bagi yang kuliah agama. Kita bisa memasang tarif untuk 4-8 kali pertemuan dalam satu bulan sekitar Rp 300.000 misalkan. Dan dengan punya 4 murid saja, kita bisa mendapat sekitar 1,2 juta dalam satu bulan. Tentu pendapatan yang lumayan untuk seorang mahasiswa.

3. Bisnis Online

Dunia maya tak hanya berfungsi sebagai sarana komunikasi. Kemudahan akses yang mendunia menjadikan Internet lebih mudah untuk dijadikan ladang Usaha. Dengan hadirnya beberapa produk Google seperti Adsense, Para Mahasiswa bisa dengan mudah untuk mendapat keuntungan darinya. Yang kita perlukan hanyalah "LAPTOP + MODEM/Jaringan internet.
Kita juga bisa memanfa'atkan jaringan WIFI gratis di kampus.

Asalkan kita bisa menyisakan waktu sekitar 1-2 jam setiap harinya untuk membuat artikel dan mengatur blog serta memperbanyak pengunjung blog. Sehingga dengan begitu, semakin banyak klik pada iklan di blog kita, maka semaki banyak uang yang kita dapat.

4. Jualan pernak-pernik atau karya seni


Bagi mereka yang kreatif dan senang membuat karya seni seperti pernak-pernik, bross, pahatan, lukisan atau karya apa pun itu, bisa dijadikan sarana untuk usaha. Yang terpenting adalah kualitasnya bagus, serta sosialisasi barang kita pada orang lain bagus.

5. Bisnis Menulis

Kalau kalian sangat suka menulis, cobalah kirim tulisan anda ke koran, majalah atau surat kabar. Karena bayaran yang kita dapat jika tulisan artikel atau puisi kita diterima di koran atau majalah lumayan besar. Berkisar antar 400 ribu sampai 1,2 jt. Dan kalau benar-benar niat, kita juga bisa menulis buku. Yang terpenting hobi menulis ini bisa tersalurkan juga mendapat apresiasi. Serta menghasilkan. :D

Itu di antaranya. Bisa membagi waktu kuliah dengan kerja, membiasakan diri tepat waktu, dan selalu berdoa pada Allah (untuk yang Islam), maka pasti BERHASIL. Karena setelah semua usaha kita lakukan, maka kekuatan doa dan dukungan orang-orang terdekat akan ikut menentukan kesuksesan kita.

Artikel Ensiklopedi Muslim Lainnya :

Scroll to top