Bersiap-siaplah menyaksikan Gerhana Bulan Total

gerhana bulan total

Bumi, bulan, matahari, dan planet-planet lainnya merupakan salah satu keajaiban dari alam semesta yang luas ini. Semuanya berputar dalam lintasannya masing-masing tanpa mengganggu satu sama lainnya. Seandainya saja terjadi pergeseran kecil yang dapat mempengaruhi semua planet ini pasti akan hancur seluruh kehidupan di alam ini.

Tiada habisnya jika kita membahas tentang alam semesta ini. Namun perlu kita ketahui, menurut hasil dari keputusan sidang dewan hisab dan rukyat Persatuan Islam,   nanti pada hari sabtu, tanggal 4 April 2015 M akan terjadi Gerhana Bulan Total.

Gerhana Bulan total kali ini akan mulai terjadi pada pukul 17:15'.45'' WIB. Kemudian awal Gerhana Total terjadi sekitar pukul 18:57'54'' WIB. Dan gerhana akan berakhir pada pukul 20:44,45" WIB.


Gerhana Bulan Total ini bisa disaksikan di seluruh wilayah Indonesia, walaupun berbeda-beda antara satu lokasi dengan lokasi lainnya. Gerhana secara utuh hanya bisa disaksikan dari fase penumbra awal hingga fase penumbra akhir di provinsi Papua saja. Sementara di provinsi-provinsi lainnya tidak, karena Bulan belum terbit ketika gerhana dimulai.

Fenomena gerhana adalah kejadian yang sangat unik bagi kita. Karena pada saat itu matahari, bulan dan bumi  berada pada satu garis lurus.   Dan tak terjadi tabrakan sama sekali, sudah sepantasnyalah bagi kita untuk mensyukuri hal ini. Bagi Para pemeluk Agama Islam, Shalat Gerhana dianjurkan sebagai tanda taat kita kepada-Nya. Dan bagi masyarakat dunia khususnya Indonesia, bersiap-siaplah untuk menyaksikan fenomena Gerhana Bulan Total pada hari sabtu, 4 april 2015 nanti.   

Bila anda TERTARIK, baca juga 4 Tips membuat tubuh tetap sehat, 

Artikel Ensiklopedi Muslim Lainnya :

Scroll to top