Manfa'at Qi gong

manfaat qi gong

Qi gong adalah tekhnik pernafasan dari China yang digunakan untuk berbagai hal seperti pengobatan, beladiri, kesehatan, dan penguasaan diri. Qi gong menggabungkan dua macam energi (yin dan yang) sehingga terjadi keseimbangan didalam tubuh manusia. Qi atau Ci yang kita hirup saat berlatih qigong merupakan energi listrik halus yang terdapat banyak di udara pegunungan, dan tempa-tempat yang masih alami.

Pada dasarnya tubuh manusia sudah memiliki susunan energi Qi yang beredear didalam tubuhnya. Setiap hari Qi masuk kedalam tubuh dan keluar membuang energi negatif dari tubuh. Namun, kebanyakan manusia tidak menyadarinya sehingga banyak  yang menyia-nyiakan qi. Dan pada akhirnya aliran qi didalam tubuh menjadi tidak lancar akibat kecelakaan atau kerentanan terhadap penyakit karena jarang melatih pernafasan.

Di china sendiri, qi gong digunakan untuk kesehatan dan pengobatan. Bahkan para biksu di Tibet berhasil mengembangkan qi gong untuk melakukan levitasi atau telekinesis.

  1. "Levitasi adalah tehnik meringankan tubuh sehingga mampu melayang di udara"
  2. Telekinesis adalah menggerakan benda dari jarak jauh. Seperti mendorong batu bata dari jauh, menghancurkan botol kaca dari jauh dll.
Latihan dari qi gong ini bukan hanya berguna bagi orang-orang disekitar kita. Tetapi juga berguna bagi tubuh kita sendiri. karena, untuk bisa mengobati orang lain dengan qi gong kita harus bisa menguasainya terlebih dahulu. Dalam kata lain, Orang yang sudah bisa mengobati orang lain dengan berarti aliran qi atau chi didalam tubuhnya sudah lancar dan baik.

Artikel Ensiklopedi Muslim Lainnya :

Scroll to top