Manfa'at tersembunyi dari Madu

Madu adalah sebuah cairan murni yang keluar dari perut lebah madu dengan kandungan gizi dan manfa'at yang sangat luar biasa. Sebenarnya madu bukanlah hal yang baru, karena dari zaman dahulu madu sudah diketahui dan dimanfa'atkan oleh orang-orang sebagai obat, bahan kecantikan dan lain-lain.

manfa'at madu
Seperti hal nya di Mesir, orang-orang mesir kuno menjadikan madu sebagai obat segala jenis penyakit. Ditambah lagi dengan keawetan madu yang sangat tahan lama membuat orang-orang zaman dahulu menjadikan madu sebagai minuman, obat, suplemen, dan tambahan nutrisi utama dalam hidupnya. Maka Pantas saja jika kita bedakan, orang zaman dahulu lebih kuat dan berumur panjang dari pada orang-orang di zaman sekarang. Bahkan di zaman sekarang tak jarang kita jumpai anak kecil yang sudah berpenyakit jantung, obesitas, asma, magg dan lain-lain. Pantas saja itu terjadi, karena sekarang makanan yang mereka konsumsi kebanyakannya mie, saus, aida, penyedap rasa, dan bahan-bahan berbahaya lainnya. Sedangkan zaman dahulu, orang-orang mengonsumsi susu, kurma, madu, anggur, zaitun, sehingga pantas dahulu orang-orang lebih sehat dan kuat.

Akan tetapi, bagaimana pun juga kita tidak bisa terlepas dari makanan-makanan yang beredar di zaman sekarang ini. Oleh karena itu, kita harus mempersiapkan diri kita untuk melawan makanan-makanan yang dapat merusak tubuh kita dengan cairan murni yang keluar dari perut lebah madu ini. Karena, didalamnya terdapat banyak manfa'at dan kelebihannya. Diantaranya :
                                                                                                                                                                   
  •  Madu Lebih Awet dan Tahan Lama 
Hal ini disebabakan oleh kandungan air dalam madu yang hanya berkisar antara 17%-19% sehingga dapat memelihara keawetan dan manfata'at madu. Oleh karena itu, madu akan rusak jika kandungan airnya  bertambah. 

  •  Setelah Mengonsumsi Madu, manusia akan merasa semangat dan bertenaga
Ini terjadi karena madu dapat memberi keseimbangan pada zat-zat asam tubuh dan alkali yang terbentuk akibat perasaan lemas dan loyo.
  •  Madu sangatlah jernih, mudah dicerna tubuh, dan merupakan sumber kesehatan 
Oleh karena itu, madu sering digunakan untuk mengobati kelemahan jasmani, kekurusan, dan kekurangan gizi pada anak-anak. Dan jika diminum dengan mencampurkan segelas susu hangat sebelum tidur, hal itu dapat memberi keni'matan sepanjang malam. 

  •  Madu dapat mengobati batuk dan serak pada tenggorokan, serta gejala kedinginan.
Madu lebah akan bermanfa'at seperti diatas jika kita menambahkan perasan jeruk nipis. Dan jika kita menambahkan jeruk manis, maka itu akan menguatkan selera makan kita.

  •  Mengobati Penyakit Gula
Madu lebah bermanfa'at mengobati penderita penyakit gula yang memakai zat insulin saat berobat. Akan tetapi, pemakaiannya tidak boleh berlebihan.

  •  Mengobati Penyakit Hepatitis
Madu dapat mengobati penyakit hepatitis karena madu dapat membantu menghilangkan racun-racun dan zat sampah yang ada pada hati. Selain itu madu juga bisa digunakan untuk menyadarkan para pecandu arak dengan cara mencampurkan jeruk nipis.

  •  Mengobati Luka Bakar
Mengoleskan madu pada luka bakar dapat membunuh kuman-kuman dan bakteri yang menempel, juga membersihkan luka serta mempercepat kesembuhan luka tanpa meninggalkan bekas.

  •  Madu dapat Mengobati Luka-luka
Keistimewaannya adalah tidak menempel pada luka, membersihkan luka dari kuman-kuman, bakteri-bakteri, dan mempercepat penyembuhan.

  •  Madu dapat Digunakan Untuk Kecantikan
Pada tahun 1835, di London tersebar kabar bahwa madu dapat memperindah kulit dan melindungi kulit. Juga dapat mencegah dan mengobati pecah-pecah, serta sangat ampuh bagi bibir dan kulit tangan.

Dan pada tahun 1972, Charles Reflon mengumumkan bahwa madu lebah yang dicampur dengan susu murni dapat menghasilkan kecantikan 100%. Ia memberikan kesuburan dan kecantikan pada kulit karena madu dan susu mengandung susunan alami yang sangat penting. Oleh karena itu, madu dan susu banyak dimasukan kedalam bahan-bahan kecantikan seperti bedak, masker dan alat-alat kecantikan lainnya.
~Dua sendok besar madu lebah + 1 liter air hangat = membersihkan kulit dan membuka pori-pori~

  •  Menambah kesuburan dan kecantikan rambut.
Pada zaman dahulu ada seorang perempuan asal belanda yang meninggal pada tahun 1744 di usia 84 tahun. Ia adalah wanita yang memiliki rambut paling bagus. Beberapa informasi menyatakan bahwa ia selalu mencuci rambutnya dengan madu. Caranya dengan menambahkan dua sendok madu pada 1 liter air hangat. Sehingga sekarang ini kita pun dapat menjumpai berbagai jenis shampo yang dimasukan madu kedalam komposisinya.

Itulah diantara berbagai manfa'at dan keistimewaan dari madu, walau pun masih ada banyak manfa'at lainnya. Akan tetapi, saya sendiri menyarankan agar memilih dan mengonsumsi madu yang asli. Karena jika madu yang kita konsumsi itu palsu, maka manfa'at-manfa'atnya tidak akan pernah kita rasakan. Alias nol. Dan jika anda ingin mengetahui bagaimana cara membedakan madu asli dan madu palsu, silahkan anda baca "madu asli atau palsu" di artikel selanjutnya.

Artikel Ensiklopedi Muslim Lainnya :

Scroll to top