Hidup Sehat Ala Rasul

ala nabiKesehatan adalah salah satu hal yang sangat dibutuhkan oleh setiap manusia. Entah itu seorang anak kecil,
dewasa, remaja, bahkan lansia pun sangat perlu akan kesehatan. Sekarang, yang menjadi masalahnya adalah bagaimana seharusnya kita berperilaku agar hidup kita sehat dan tidak mudah sakit?
Disini saya akan mengambil salah satu contoh untuk anda dimana contoh orang yang akan saya sebutkan ini hanya mengalami sakit sebanyak 2 kali atau 4 kali dalam hidupnya. Siapakah ia?

Dia adalah Nabi Muhammad saw. Oleh karena itu, pantaslah sekiranya jika kita mengatakan bahwa orang yang paling baik pengobatan dan perilaku hidup sehatnya adalah  Nabi Muhammad saw. Mengapa? Apakah ada orang yang hanya mengalami sakit lebih sedikit dari Nabi? Saya rasa sampai saat ini pun kita belum bisa menemukannya. Bahkan saya yakin seorang dokter sekalipun sakitnya lebih dari 2 kali dalam seumur hidupnya.

Apa sebenarnya rahasia yang dimiliki oleh Nabi Muhammad saw?

Rahasia sebenarnya ternyata bukanlah sesuatu yang rumit. Tapi cukup satu hal yang dapat kita pelajari dari sabda Nabi berikut ini :

"Tidak ada satu bejana yang diisi lebih buruk oleh manusia selain dari perutnya. Cukuplah beberapa suap bagi manusia untuk menegakkan tulang punggungnya. Jika ia hendak makan, maka sepertiga untuk makanan, sepertiga untuk minuman, dan sepertiga lagi untuk udara."
Salah seorang dokter beragama kristen pada masa kerajaan Harun ar-Rasyid  pernah berkata kepada Ali bin Husein, "Didalam kitabmu, tuhanmu tidak membahas tentang kesehatan". Ali pun menjawab, "Allah telah merangkum seluruh dari ilmu kesehatan kedalam setengah ayat." "Apakah setengah ayat itu?", tanya dokter itu. "Setengah ayat itu adalah   :

   وَكُلُوا وَاشْرَبُوا وَلَا تُسْرِفُوا  

"Makan dan minumlah kalian, dan janganlah kalian berlebihan."

Dari ayat dan hadits diatas, dapat kita tarik suatu kesimpulan yang memang benar adanya. Pertama, makan secukupnya. Ketika seseorang makan berlebihan, maka ia akan mengalami hal yang tak ia duga di masa yang akan datang. Berbagai penyakit biasanya akan muncul jika kita makan berlebihan. Mulai dari kegemukan, serangan jantung, kolesterol tinggi, dll. Bahkan Nabi saw pernah menegur salah seorang sahabat yang makan berlebihan. Sahabat tersebut memakan bubur yang dicampur dengan roti, kemudian datang menemui Rasul seraya sendawa dihadapan rasul. Maka Rasul pun menegurnya, " Jauhilah olehmu makan berlebihan. Sungguh, termasuk kufur ni'mat jika engkau memakan segala makanan yang engkau sukai."

Oleh karena itu, sebaiknya orang-orang tidak makan berlebihan, karena dari makan berlebihan, sumber penyakit bisa muncul dari sana. Dan ingatlah, sebaik-baik pengobatan adalah diet. Maka biasakanlah perut menerima apa yang biasa ia terima.

Dengan diet, orang akan cepat sembuh dari penyakitnya. Diet yang dimaksud adalah berhenti dari memakan makanan yang dapat mendatangkan penyakit. Hal ini biasa dilakukan oleh orang-orang Mesir dan India. Mereka berhenti memakan makanan yang dapat memperparah dan mendatangkan penyakit, sehingga mereka lebih cepat sembuh ketika mereka sakit walaupun tanpa obat. Ya, tanpa obat. Sebenarnya seseorang bisa sembuh walau tanpa obat. Mereka hanya perlu meninggalkan makanan yang dapat memperparah penyakit mereka. Oleh karena itu, sudah selayaknya kita memakan apa yang biasa kita makan dan tidak berlebihan. Karena sesungguhnya sumber dari segala penyakit rata-rata berasal dari perut.

Beberapa ratus tahun kebelakang, kita bisa melihat dari sejarah orang-orang Eskimo yang memiliki postur tubuh yang kuat dan sehat, bahkan nyaris sempurna. Itu karena mereka biasa memakan makanan alami dari alam sehingga tubuh mereka sehat dan kuat. Sehingga tidak ada kasus kegemukan yang menimpa mereka pada waktu itu. Akan tetapi, setelah memasuki zaman sekarang ini, orang-orang Eskimo mulai terkontaminasi oleh makanan-makanan dari barat. Sehingga mereka yang dahulu dikaruniai tubuh yang kuat dan sehat, kini mulai terjangkit penyakit-penyakit seperti kegemukan, serangan jantung dan lain sebagainya. Akan tetapi, angka sakit orang-orang Eskimo terbilang paling sedikit dibandingkan dengan negara-negara lainnya.

Maha benar Allah yang telah merangkum semua ilmu kesehatan kedalam setengah ayat, "Makan dan minumlah kalian, tapi jangan berlebih-lebihan." Karena perut adalah sumber dari segala penyakit, maka biasakanlah ia menerima apa yang biasa ia terima.

Artikel Ensiklopedi Muslim Lainnya :

Scroll to top