Penemuan-Penemuan hebat ilmuwan muslim yang mendunia

Seiring dengan berjalannya waktu, kecanggihan teknologi semakin hari semakin berkembang dan mudah dijumpai disekitar kita. Siapa yang mengira bahwa beberapa hal modern yang kita lihat diseluruh muka bumi ini merupakan hasil dari penemuan-penemuan muslim yang sangat berpengaruh. Diantara penemuan-penemuan itu adalah:


1. Operasi Bedah Modern

bedagaltasrifSalah satu pengobatan modern yang sangat ampuh dalam mengobati berbagai penyakit ini, ditemukan oleh al-Zahrawi. Seorang dokter kerajaan pada masa khalifah Al-Ahkam II dari kekhalifahan Ummayah. Dibarat, ia dikenal dengan nama Abulcasis. Penemuannya dibidang Operasi bedah telah memberikan sebuah kemudahan kepada dunia  untuk mengatasi berbagai penyakit. Salah satu peninggalan al-Zahrawi yang bisa kita temukan pada zaman sekarang adalah kitab at-tashrif. kitab ini diterjemahkan kedalam bahasa latin oleh Gerardo dari Cremona pada Abad ke 12. Dan dijadikan rujukan oleh setiap dokter di eropa pada abad pertengahan. Didalamnya al-Zahrawi mengupas secara rinci tentang ilmu bedah orthopedi, opththalmologi, farmakologi, serta ilmu kedokteran secara umum.
al-zahrawi
Tak hanya itu, bahkan sederet produk kosmetik seperti deodoran, pewarna rambut dan hand lotion yang berkembang hingga saat ini juga merupakan hasil dari penemuan al-Zahrawi.



2. Mesin 

Segala hal yang kita jumpai sehari-hari tak lepas dari pekerjaan para mesin canggih yang sangat membantu. Dari mana asal-mulanya mesin itu ada? jawabannya, semua itu bermula dari penemuan al-Jazari, seorang ilmuwan dari al-jazira di Mesopotamia atau yang sekarang kita kenal dengan 'iraq. al-jazari menulis kitab fí ma'rifat al-hiyal al-handasiyya (Buku Pengetahuan Ilmu Mekanik) pada tahun 1206. Didalamnya ia menjelaskan tentang 50 peralatan mekanik lengkap dengan intruksi tentang bagaimana cara merakitnya. Nama lengkapnya adalah Abū al-'Iz Ibn Ismā'īl ibn al-Razāz al-Jazarī (1136-1206)

al-jazarimesinmesin



3. Sabun

Salah satu penemuan penting ummat Islam pada masa keemasan adalah sabun. Sejak abad ke 7, umat islam sudah mengembangkan gaya hidup yang higienis dan mutakhir. Didalam buku berjudul "Technology transfer in the chemical industries", Ahmad Y Hassan menyatakan bahwa Kota-kota seperti nablus (Palestina), kufah (Irak), dan Basrah (Irak) telah menjadi sentra industri sabun." Menurut al-Hasan, sabun yang terbuat dari minyak sayuran, seperti minyak zaitun dan minyak aroma, pertama kali dibuat oleh ilmuwan muslim di era kekholifahan. salah seorang sarjana muslim yang pertama kali menemukan formula sabun adalah al-razi, seorang kimiawan legendaris dari Persia.

Demikianlah beberapa penemuan hebat umat muslim yang sebenarnya ada disekitar kita. Sebenarnya masih terdapat banyak lagi penemuan-penemuan hebat yang belum saya paparkan. Akan tetapi, mudah-mudahan artikel ini bermanfa'at untuk pembaca sekalian.

Artikel Ensiklopedi Muslim Lainnya :

Scroll to top