Hal yang tak kita ketahui tentang Susu

Susu merupakan makanan yang bisa dikatakan sempurna dari segala segi. Para pakar ahli gizi makanan  menyatakan bahwa susu adalah salah satu makanan yang paling utama. Karena, didalam susu terdapat semua unsur yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Mulai dari Karbohidrat, lemak, protein, vitamin, dan zat garam mineral, semuanya ada didalam susu. Zat-zat tersebut juga sangat mudah untuk dicerna oleh tubuh. Bahkan, susu juga tidak meninggalkan kotoran yang dapat membebani ginjal atau menambah zat asam pada tubuh.

susuPantaslah jika susu menjadi makanan yang wajib bagi setiap bayi yang baru lahir dan menyusu. Sedangkan bagi orang dewasa, susu dapat dikonsumsi untuk bertahan hidup selama beberapa minggu tanpa efek buruk sedikit pun. Kenapa bisa seperti itu? Karena didalam susu terdapat banyak manfa'at yang tak diketahui oleh kebanyakan orang didunia. Baiklah, berikut ini adalah beberapa manfa'at yang ada didalam susu :

  • Susu mengandung berbagai zat protein. Zat-zat protein ini memasok zat-zat asam amino untuk membentuk ruas-ruas persendian dalam tubuh dan merakit beragam sel-sel tubuh. Oleh karena itu, susu sangat baik bagi bayi atau anak yang masih dalam proses pertumbuhan atau bagi orang dewasa yang sedang dalam proses penyembuhan total. Zat protein yang ada didalam susu tidak dapat diganti oleh zat protein atau asam amino nabati (tumbuhan). Karena zat protein susu bersifat larut dan mudah dicerna. Selain itu protein susu juga berperan dalam melawan berbagai bakteri pengganggu tubuh dan aktif dalam pembentukan imunisasi alami pada manusia.
  • Lemak. Berbeda dengan lemak-lemak lainnya, biasanya lemak yang kita kenal bersifat mengganggu dan susah dicerna atau akan mengendap didalam tubuh. Akan tetapi, lemak yang ada didalam susu ini bersifat mudah dicerna dan mudah larut. oleh karena itu, semua lemak yang ada dalam susu yang kita minum, akan berubah menjadi kalori (energi) dan tidak tersimpan atau mengendap didalam tubuh sebagai lemak.
  • Gula susu (laktosa), adalah zat gula cadangan yang terdiri dari glukosa dan galaktosa. Rasa manis susu sama dengan seperenam manis gula tebu. Sehingga susu aman dikonsumsi bagi penderita diabetes atau penyakit gula, karena kadar glukosa yang terkandung dalam susu hanya sedikit.
  • Vitamin A, D, dan fosfor                  
 Vitamin A yang ada didalam susu mudah larut sempurna dengan lemak. Ini dapat menyehatkan mata kita dalam menerima cahaya yang datang dari luar kedalam kelopak mata kita. Selain itu, vitamin A pada susu juga  menjadi pertahanan pertama  dalam memerangi basil-basil dan kuman-kuman. Jika seseorang kekurangan vitamin A, maka ia akan mengalami gangguan pada sel-sel kulit dan selaput lendirnya. Hal ini akan memudahkan kuman dan bakteri-bakteri untuk menggerogoti kulit dan menyerang tubuhnya.

Vitamin D yang ada didalam tubuh juga sangat berperan aktif untuk menyusun ruas-ruas tulang dalam tubuh. Hanya saja vit D ini tidak akan bekerja jika tak didampingi oleh kalsium. Maha suci Allah yang telah menempatkan vitamin D dan Kalsium dalam susu ini. Sehingga vitamin D dan kalsium dapat bekerja sama memberikan manfa'at kepada kita yang meminum susu.

Sedangkan Fosfor dalam susu, membantu glukosa untuk bisa masuk kedalam sel-sel tubuh sehingga terjadi pembakaran glukosa dan menghasilkan energi (kalori) untuk tubuh.

Itulah beberapa hal yang tak banyak orang ketahui dari susu, mudah-mudahan kita bisa mensyukuri susu sebagai makanan yang telah dikaruniakan Allah kepada manusia. Didalam islam sendiri susu merupakan minuman yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad saw. selain dari Madu dan Zaitun.

wallahu a'lam...

Artikel Ensiklopedi Muslim Lainnya :

Scroll to top