Hal yang tak kita ketahui tentang kurma

Kurma merupakan buah yang tersebar luas di berbagai tempat dan mudah didapat. Buah kurma bisa dibilang istimewa, karena selain harganya yang murah juga dapat disimpan, dan dikeringkan dalam waktu yang lama. Oleh karena itu, setiap orang dapat mengonsumsi buah kurma di sepanjang tahun tanpa khawatir rusak.

Didalam kurma terdapat 70% zat gula, 20% protein, dan 3% lemak. Selain itu, buah kurma juga kaya akan zat garam mineral seperti kalsium, potasium, dan zat besi yang bisa menetralisasi asam dalam tubuh. Bahkan, didalam kurma juga terdapat vitamin B, vitamin C, dan vitamin A yang sangat berguna bagi tubuh.
kurma

"Manusia dapat bertahan dalam waktu yang cukup lama walaupun ia hanya mengonsumsi buah kurma." Mungkinkah? ya, karena kurma kaya akan zat gula serta mudah dicerna, diserap, dan mudah melekat pada tubuh. Akan tetapi, kandungan lemak dan protein yang ada dalam kurma sangatlah sedikit. Oleh karena itu, jika seseorang hanya mengonsumsi buah kurma, maka badannya akan menjadi kurus. Namun, jika kita mengonsumsinya bersama dengan susu, maka itu akan menjadi makanan yang sangat sempurna dari segala sisi. Karena kandungan lemak dan protein dalam susu sangatlah tinggi.

Kebanyakan orang Arab badui (orang arab gunung) terbiasa mengonsumsi kurma kering dan susu kambing. Sehingga tubuh mereka kuat dan jarang terkena penyakit kronis. Bahkan jarang sekali ditemukan orang yang mengalami kegemukan diantara mereka.

Kurma juga kaya akan  kalsium dan zat besi yang berguna bagi wanita yang baru melahirkan. Pantaslah jika didalam Islam, Allah memerintahkan Ibunda Siti Maryam untuk memakan kurma setelah melahirkan (nifas). Karena kandungan zat besi dan kalsium dalam kurma akan mengembalikan tenaga yang terkuras dari sang ibu ketika melahirkan. Serta dapat membantu dalam proses pembentukan susu ibu.

Menurut ilmu kedokteran, buah kurma memiliki beberapa manfa'at berikut. Diantaranya :
  1. Didalam buku-buku kedokteran klasik disebutkan bahwa mengonsumsi buah kurma di pagi hari dapat membunuh cacing dalam perut. Bahkan air perasan kurma juga bisa membunuh cacing didalam perut. 
  2. Orang-orang Mesir Kuno sering menggunakan buah kurma untuk mengobati penyakit kandung kemih, masalah perut, dan usus.
  3. Buah kurma kering dapat menguatkan usus dan dapat melancarkan saluran kencing karena mengandung serabut-serabut yang dapat mengontrol usus. Serta bisa menguatkan rahim terutama ketika melahirkan.
  4. Buah kurma dapat menenangkan sel-sel saraf melalui kelenjar gondok. Oleh karena itu, para dokter menganjurkan  untuk memberikan beberapa buah kurma kepada anak-anak dan orang lanjut usia di pagi hari agar  kondisi jiwa dan mental mereka menjadi tenang dan lebih baik.
  5. Buah kurma adalah makanan terbaik yang dapat menetralisasi asam pada perut. Karena, setelah dikunyah dan dicerna, buah kurma akan meninggalkan sisa yang mampu menetralisasi asam yang diakibatkan karena mengonsumsi protein, seperti ikan dan telur.
Jenis buah kurma yang paling baik adalah kurma kering atau biasa disebut kurma abrimi. Itulah beberapa hal yang tak banyak orang ketahui tentang kurma. Mudah-mudahan kita bisa mensyukuri kurma sebagai makanan yang telah dikaruniakan allah kepada manusia.


Artikel Ensiklopedi Muslim Lainnya :

Scroll to top