UGB Qurban 99 sapi dan 199 kambing

Setiap hari raya 'Idul adha datang, umat islam diseluruh dunia biasa melaksanakan ibadah qurban.  Entah itu dengan menyembelih sapi, kambing, unta, atau jenis hewan qurban lainnya. Uniknya di Indonesia, pada hari Raya 'Idul Adha kali ini ada seseorang yang berqurban dengan  jumlah hewan yang terbilang banyak. Siapa kira-kira orang ini?

Dia adalah UGB atau yang kita kenal dengan Ustadz. Ginanjar Bumi. Mungkin bisa dibilang satu-satunya orang  di Indonesia yang berqurban dengan jumlah hewan terbanyak. Karena UGB ini qurban dengan 99 sapi dan 199 kambing.


qurban

Ketika para wartawan bertanya mengenai qurbannya yang banyak itu, UGB menyatakan bahwa 99 sapi yang ia qurbankan  melambangkan 99 asmaulhusna. Sementara angka 1 dari 199 kambing yang di qurbankannya melambangkan keesaan Allah swt. Jumlah yang fantastis ini sebenarnya merupakan peningkatan dari tahun sebelumnya dimana UGB berqurban sebanyak 77 hewan.

Entah berapa banyak uang yang beliau keluarkan untuk membeli semuabut hewan tersebut. Harga 1 ekor kambing saja sekarang sudah mencapai 2 juta lebih.  Sementara harga sapi sekitar 16 juta lebih per ekornya. Jika kita hitung dan kita perkirakan dengan harga tadi,  maka harga :

99 ekor sapi = sekitar Rp. 158.400.000
199 ekor kambing = sekitar Rp. 398.000.000 

Subhannallah, sungguh angka yang luar biasa bukan?
UGB sendiri menyatakan bahwa ia sudah membeli sapi dan kambing-kambingnya itu sekitar 8 bulan sebelum idul adha. Ia mengaku bahwa beberapa sapi dan kambing ia beli  di usia yang masih agak kecil, sehingga UGB memeliharanya terlebih dahulu dan pada saat 'idul adha datang ia mengurbankannya. Adapun jumlah hewan UGB itu sebenarnya masih lebih banyak lagi, sekitar 320 atau lebih. Tetapi karena memang ia hanya ingin mengurbankan 199 kambing dan 99 sapi.


Mau bagimanapun, apa yang dilakukan oleh Ustadz Ginanjar Bumi ini perlu kita acungi jempol dan kita contoh tentunya. Biasanya orang-orang hanya mengurbankan 1 ekor sapi atau 1 ekor kambing saja, bahkan ada yang mampu tetapi tidak qurban juga. Maka pantaslah jika di Indonesia lebih banyak orang yang  berebut daging qurban dari pada yang berqurban.

 Berbeda dengan keadaan di Negara tetangga kita Arab Saudi, Disana daging qurban di Impor kenegara-negara lain karena di Arab lebih banyak yang berqurban  dari pada yang menerima qurban, sehingga daging-dagingnya itu diImpor keluar negeri.

Andai saja lebih banyak orang yang mau berqurban dinegara kita ini, maka tentulah bukan rebutan daging yang kita lihat di layar televisi di hari raya 'idul Adha. Tetapi lebih banyak orang yang berlomba dalam beribadah seperti yang dilakukan oleh UGB dengan berqurban 99 sapi dan 199 ekor kambing.

Wallahu a'lam...

Artikel Ensiklopedi Muslim Lainnya :

Scroll to top