‘amalan sunah di hari raya ‘idul fitri

amalan sunnah

Pada hari raya yang sangat digemari oleh orang-orang islam khususnya di Indonesia ini, terdapat beberapa ‘amalan sunah yang biasa dilakukan oleh Nabi Muhammad saw semasa hidupnya. Diantara ‘amalan beliau yang biasa dilakukan saat datang hari raya ‘idul fitri adalah :


  1. Mandi terlebih dahulu sebelum pergi ke tempat sholat. Walaupun berwudlu saja sudah cukup, akan tetapi mandi lebih baik karena biasa dicontohkan oleh nabi saw sendiri. 
  2. Beliau biasa makan terlebih dahulu sebelum berangkat ketempat sholat, berbeda dengan ‘idul adha yang biasanya tidak makan terlebih dahulu. 
  3. Sebelum berangkat pun, beliau memilih dan mengenakan pakaian yang paling bagus yang ia punyai. Bukan membeli pakaian bagus, tetapi memakai pakaian yang paling bagus yang ia miliki.
  4. Setelah semuanya beres, Nabi Muhammad saw kemudian pergi ke tempat sholat sambil melantunkan kalimat takbir disepanjang jalan sampai sholat ‘id dimulai. Bukan dari setelah sholat ‘isya, tetapi dari semenjak keluar rumah sampai hendak dimulainya sholat. 
  5. Setelah selesai sholat, beliau lalu pulang dengan melewati jalan yang berbeda. Itulah diantaranya ‘amalan-‘amalan sunnah yang biasa dilakukan oleh nabi saw.
Adapun kebiasaan orang Indonesia untuk bersilaturahmi dan saling memaafkan tidaklah dianggap salah, asalkan kita melaksanakannya dengan tidak menganggap bahwa hal itu wajib dilakukan pada saat ‘idul fitri. Karena silaturahmi dan saling memaafkan sebenarnya bisa dilakukan kapan saja, bukan hanya pada saat itu. Jadi, itu semua tergantung kepada niat kita masing-masing dari sebelah mana kita menganggapnya. Mudah-mudahan Allah menerima ‘amalan-‘amalanku dan juga ‘amalan-‘amalanmu, amin..

Artikel Ensiklopedi Muslim Lainnya :

Scroll to top