Bekam

Pengobatan yang satu ini merupakan salah satu pengobatan istimewa yang sangat bermanfa'at bagi manusia. Walaupun bekam ini berasal dari orang-orang Mesir pada zaman dahulu, akan tetapi Rasulullah saw sangat menyukainya dan juga sangat menganjurkan kepada para umatnya. Bahkan dalam suatu riwayat, ketika Rasulullah sedang Isra' Mi'raj dan ia di angkat kelangit. Malaikat Jibril menganjurkan kepada Nabi Muhammad, "Suruhlah umatmu untuk berbekam".

al-hijamah


Dari segi kedokteran, bekam termasuk operasi kecil yang bisa mengalahkan penyakit-penyakit besar dengan izin Allah. Karena dengan bekam ini, darah kotor dan sel-sel mati serta radikal bebas penyebab kanker dikeluarkan dari beberapa titik akupuntur tubuh. Sehingga orang yang dibekam tidak akan lemas kekurangan darah. Karena bekam dapat merangsang sumsum tulang untuk membuat sel-sel darah baru yang lebih baik dan sehat.

Khasiat dari pengobatan ini, akan sangat terasa jika orang yang membekam kita memiliki kemampuan membekam yang cukup baik. Dia juga harus mengetahui seluk-beluk tentang bekam serta bisa membedakan mana pasien yang terlalu lemas, yang terlalu kenyang, yang terlalu lapar, dan ciri-ciri pasien lainnya yang sebaiknya tidak dibekam dahulu.

Khasiat dari bekam ini juga akan sangat terasa jika kita menggabungkannya dengan refleksi. Ini berdasarkan  penelitian yang saya lakukan terhadap beberapa pasien yang saya bekam. Kebanyakan dari pasien saya mengaku lebih merasa nyaman ketika saya menggabungkan bekam dengan terapi Yumeiho (refleksi).

Yang lebih uniknya lagi, terapi bekam ini juga bisa dilakukan  kepada orang yang sakit maupun orang yang sehat. Bagi orang yang sakit sudah jelas, khasiatnya untuk menyembuhkan. Ada pun bagi yang tidak sakit, bekam ini bisa menambah daya tahan tubuh serta menjaga kesehatan tubuh. Ini biasa dicontohkan oleh Nabi Muhammad saw. Ia biasa berbekam  sebulan sekali pada hari ke 17, atau 19, atau 21.

Dan dari beberapa riwayat yang saya ketahui, Rasul hanya menderita sakit sebanyak 2 kali seumur hidupnya.  Ada juga yang mengatakan 3 atau 4, mereka menambahkannya dengan riwayat ketika rasul terkena sihir.

baca juga Sejarah Bekam

Artikel Ensiklopedi Muslim Lainnya :

Scroll to top