Sudah Benarkah Cara Minum Kita?

Hallo Sobat sekalian.. sudah cukup lama saya tidak menulis lagi di blog ini. Sekilas cerita, akhir-akhir ini saya  mengikuti sebuah pelatihan pengobatan yang cukup bermanfa'at bagi diri saya maupun orang lain. Dalam pelatihan ini alhamdulillah saya mendapatkan beberapa 'ilmu kesehatan 'ala Nabi Muhammad saw. yang cukup banyak. Akan tetapi untuk kali ini saya akan berbagi kepada anda semua, mengenai cara minum yang benar yang di contohkan oleh Nabi saw. dan dibuktikan (dibenarkan) secara ilmiah.

Minum
Kita pasti tahu  bahwa minum air putih itu banyak mendatangkan manfa'at bagi kehidupan manusia. Seperti halnya untuk menyehatkan organ ginjal, pencernaan, saluran darah, cairan tubuh dll. Tahukah anda, semua manfa'at itu tidak akan kita dapatkan jika cara minum kita masih sama seperti kebanyakan orang saat ini. 

Saya tanya, "jika seseorang makan, setelah itu ia pasti akan langsung?"
...
"Minum"

Benar bukan.. kebanyakan orang setelah makan mereka langsung minum. Inilah kebiasaan yang salah itu. kenapa? coba anda pikirkan. "Ketika kita makan, lambung akan mengeluarkan ENZIM, yang berfungsi untuk mengahancurkan makanan. Jika setelah makan kita langsung minum,
maka enzim itu akan terbawa dan terbuang oleh air. Kita ibaratkan saja bahwa enzim itu jumlahnya 100%. Kemudian kita minum air sehingga Enzim itu berkurang menjadi 70%. Berarti makanan yang kita cerna dengan enzim itu adalah 70% sedangkan 30% lagi sisa makanannya kemana?

Sisa makanan yang 30% itu akan mengendap di pencernaan (Usus) dan akan menjadi Toksin angin atau angin beracun yang beredar ditubuh kita. 

Berbahaya tidak? 

Jelas berbahaya sekali. Makannya setelah kita makan itu sebaiknya tunggu sekitar 30 sampai 60 menit-an. Barulah setelah itu kita minum. Agar enzim di lambung kita bisa mencerna semua makanan dan tidak menyisakan makanan yang akan menjadi racun ditubuh kita."

Dipikirkan sekilas berat memang rasanya mengerjakan hal ini. Akan tetapi dalam pelaksanaannya anda tidak perlu memaksakan diri. Jika sudah lima menit tidak kuat, maka minum saja. Bertahap dari awal 5 menit, sepuluh menit, setengah jam dan seterusnya pun tak apa jika kita tidak kuat ingin minum. 

Dan ingat, ketika minum pun jangan dilangsungkan. Misalnya 1 gelas sekaligus. Rasulullah saw. biasa ketika minum itu 2-3 tegukan lalu berhenti untuk bernapas. Kemudian minum lagi 2-3 tegukan lalu berhenti. Ini adalah cara minum yang benar. Karena jika kita minum satu gelas sekaligus, kita pasti akan minum sambil bernapas lewat hidung. Dan ketika kita bernapas, udara yang kita hirup dan kita keluarkan akan bercampur dengan air yang akan kita minum. Campuran air dan udara yang kita keluarkan itu akan menjadi racun. Dan air yang sudah menjadi racun itu kita minum.

Itulah sebabnya kita harus mencontoh cara minum yang benar dan dicontohkan oleh Nabi saw.

Sebagian dari anda mungkin ada yang bertanya, "kenapa saya menyandarkan pendapat ini kepada Nabi Muhammad saw"

Apakah anda tahu, selama hidupnya Nabi saw hanya mengalami sakit 2 kali. Ada memang riwayat lain yang mengatakan 4 kali. Sekarang, kita dari dulu sampai sekarang sudah berapa kali sakit? Maka pantaslah jika kita katakan bahwa "Orang yang paling baik pengobatan dan 'ilmu kesehatannya adalah Nabi saw"

Itulah diantaranya sebagian 'ilmu yang saya bagikan kepada anda. Mau di'amalkan atau tidak, dipercaya atau tidak, itu bisa anda rasakan dan anda buktikan sendiri.

Wallahu a'lam..

Kenapa Minum air putih Baik untuk kita? Temukan Jawabannya disini




Artikel Ensiklopedi Muslim Lainnya :

Scroll to top