Segitga Formosa, Kembaran Segitiga Bermuda dari Jepang

Formosa adalah sebuah pulau yang terletak 145 km  sebelah timur daratan Cina, yang dipisahkan oleh sebuah selat yang disebut selat Formosa. Formosa adalah Cina nasionalis yang lebih dikenal dengan nama Taiwan. Luas pulau ini sekitar 35.961 km2, dengan ibukota Taipeh. Formosa terkenal karena posisinya yang terletak ditenggara sebuah segitiga yang dikenal dengan nama sumur setan, yang disitu terjadi peristiwa-peristiwa-peristiwa yang menyangkut hilangnya kapal dan pesawat yang tak kalah misteriusnya dengan peristiwa-peristiwa yang terjadi diSegitiga Bermuda.

Puncak atas segitiga Formosa terletak di pulau Gilbert di Laut Kuning. Daerah ini disebut dengan "Kuburan kapal dan Pesawat Terbang". Sudut timur lautnya terletak dipulau wake, sedangkan sudut tenggaranya terletak di pulau Formosa.

Formosa

Bukti-bukti Ilmiah menunjukan bahwa kawasan tersebut merupakan pertemuan antara arus air hangat dengan air yang dingin.

Gambaran-gambaran ini sendiri cocok dengan apa yang disebut dengan laut setan, yaitu dareah di lautan yang tenang, 800 mil sebelah tenggara jepang, yang terletak antara pulau Ivojima Dan pulau Markus, Tetapi kurang begitu terkenal dibanding segitiga bermuda, barangkali karena letaknya yang jauh dari daratan jepang.

Sementara itu segitiga bermuda sangat akrab bagi kalangan pelaut Amerika, yang pada gilirannya menelan banyak kapal dan pesawat. Kendati demikian, laut setan juga bertanggung jawab terhadap hilangnya beberapa kapal dan pesawat. Antara tahun 1950 dan 1954, di daerah ini telah hilang tidak kurang dari sembilan kapal besar tanpa meninggalkan bekas. Pemerintah jepang sangat menaruh perhatian terhadap daerah ini, dan mengumumkan bahwa ia merupakan daerah berbahaya dan tidak boleh didekati.

Pada tahun 1955 pemerintah jepang mengirim ekspedisi dengan membawa sejumlah pakar menuju daerah tersebut dengan menggunakan kapal Kawamaru. Malangnya kawamaru lenyap tanpa pesan.

Artikel Ensiklopedi Muslim Lainnya :

Scroll to top