Lagi, gerhana matahari cincin Jum'at nanti

matahari

Setelah sebelumnya baru saja terjadi gerhana bulan sebagian pada tanggal 26 april 2013 lalu, kini gerhana akan muncul kembali pada tanggal 10 mei 2013 pada hari jum'at nanti. Waktu antara dua gerhana ini bisa dibilang berdekatan dan cukup unik karena keduanya terjadi dihari yang sama ya'ni pada hari jum'at.

Menurut keputusan para ahli hisab dan ru-yah Persatuan Islam yang sudah menghitungnya dengan teliti, insya Allah akan terjadi Gerhana Matahari cincin pada hari jum'at, 10 Mei 2013 M, pagi hari. Daerah yang akan terkena oleh gerhana adalah seluruh wilayah Indonesia kecuali NAD, SUMUT, SUMBAR dan Riau.

Bentuk dari gerhana ini sendiri akan terlihat sebagai gerhana matahari sebagian dengan permukaan matahari yang tertutup bulan atara 19% s/d 70%.

Durasi gerhana : Dari sekitar pukul 04:30 s/d 6:30 WIB (5:30 s/d 7:30 WITA) terlihat dari saat matahari terbit, kecuali untuk wilayah Maluku dan Papua yang mulai terjadi sekitar pukul 6:40 WIT sampai sekitar pukul 09:00 WIT.

Adapun bagi kaum Muslimin, melakukan sholat gerhana pada waktu itu adalah sebuah 'amalan sunnah yang sangat dianjurkan oleh Nabi Muhammad saw dan tentunya oleh saya pribadi sebagai seorang Muslim. Oleh karena itu bersiap-siaplah untuk menghadapi gerhana kedua ditahun ini.

  1. Gerhana bulan sebagian 26 april 2013
  2. Gerhana matahari cincin 10 Mei 2013 ( sebentar lagi )


Artikel Ensiklopedi Muslim Lainnya :

Scroll to top