Jin Tidak lagi berbentuk Api

Api
Banyak orang yang heran tentang masuknya jin yang terbuat dari api, kedalam neraka yang juga terbuat dari api. Mungkinkah jin yang dibuat dengan api disakiti oleh api?
Sebenarnya jin itu tidaklah berbentuk api lagi walaupun diciptakan dari Api. Seperti halnya manusia yang tidak lagi berbentuk tanah walaupun diciptakan dari tanah.

Menurut buku "Dialog jin muslim" yang dikarang oleh Muhammad Isa Dawud, Jin ternyata hampir sama dengan manusia. Mereka memiliki organ-organ tubuh seperti halnya manusia. Mulai dari Lambung, ginjal, anus dan yang lainnya. Hanya saja bentuk dan wujudnya tidak sama persis. Bahkan para jin itu juga membuang kotoran seperti manusi pada umumnya. Hal ini sudah diIsyaratkan oleh Nabi saw. dalam sebuah hadits yang dibawa oleh Abudllah bin Mas'ud. : Diceritakan kepada Rasulullah s.a.w mengenai seorang yang tidur pada waktu malam hingga pagi. Beliau bersabda: Itulah orang yang kedua belah telinganya telah dikencingi setan. 
Riwayat Bukhari di dalam Kitab Jum’at hadits nomor 1076.

Dengan adnya ini semua, jelaslah bahwa jin itu tidaklah berbentuk api pada utuhnya. Maka tak heran dari kalangan jin pun banyak yang akan masuk kedalam neraka.

Wallahu A'lam.....

Artikel Ensiklopedi Muslim Lainnya :

Scroll to top